Wednesday, October 19, 2016

Bagaimana Memilih Buku yang Baik, Berkualitas dan Bermanfaat?

| 8:23 AM |
xgmko.com - Tidak semua orang dapat pergi kemanapun yang diinginkan karena beberapa faktor serta tidak semua orang dapat mengetahui beragam informasi serta hal-hal yang lainnya seperti pelajaran ataupun mendapatkan hiburan yang murah meriah. Karena hal tersebut, sebagian orang lebih memilih untuk membaca buku yang merupakan kumpulan dari kertas atau bahan lainnya yang kemudian disatukan dengan cara dijilid atau dilem. Benda tersebut biasanya berisi mengenai tulisan atau beragam informasi ataupun gambar.

Bagaimana Memilih Buku

Tidak setiap bacaan yang dijilid tersebut memiliki kualitas yang bagus. Bagus tidaknya, tergantung dari perspektif masing-masing orang. Namun, tips berikut untuk memilih bacaan yang bagus dapat membantu Anda. Pertama adalah pilih yang sesuai dengan usia pembaca. Misalnya untuk bacaan anak-anak, pilih yang mudah dimengerti oleh anak seperti bacaan bergambar dengan tulisan yang didominasi gambar-gambar yang membantu anak Anda untuk mengerti apa yang sedang diceritakan.

Kedua adalah lihat sampul dan sinopsisnya. Tidak semua buku yang memiliki cover atau sampul yang bagus memiliki cerita atau isi yang bagus. Penilaian atas sampul dimaksudkan agar bacaan tersebut menjadi lebih mudah untuk dikenali serta meningkatkan minat baca Anda. Namun, Anda juga harus melihat sinopsisnya atau isi dari bacaan tersebut sehingga ketika Anda telah membeli bacaan tersebut, Anda tidak kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi yang Anda bayangkan.

Ketiga adalah pilih yang memiliki beragam informasi atau hal yang Anda butuhkan. Banyak jenis bacaan yang memiliki informasi yang berbeda misalnya mengenai kumpulan soal ataupun untuk anak usia dini. Jika untuk membantu pembelajaran anak usia dini, tipsnya yaitu:
  1. Pilih yang menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak
  2. Pilih yang memiliki gambar yang pantas misalnya tidak ada unsur sara dan pornografi ataupun kekerasan
  3. Berikan sesuai dengan minat anak, misalnya yang berisi gambar-gambar sehingga dapat digunakan untuk latihan mewarnai
Keempat adalah jika Anda membeli bacaan yang baru, hindari untuk memilih bacaan yang memiliki kemasan atau tampilan yang rusak misalnya di bagian jilid. Hal tersebut dimaksudkan agar bacaan tersebut tidak cepat rusak ketika sedang digunakan atau ketika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jika rusak, biasanya isi atau lembaran dari bacaan tersebut dapat tercecer sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman ketika membacanya terlebih jika bagian yang hilang tersebut adalah bagian yang penting dari bacaan tersebut.

Kelima adalah pilih yang direkomendasikan. Sebagian orang biasanya akan membeli bacaan yang disarankan oleh temannya atau pustakawan atau pembaca. Dari rekomendasi tersebut, Anda dapat memperkirakan apakah bacaan yang akan Anda beli tersebut bagus atau tidak terlebih jika bacaan tersebut masih tersampuli dengan rapat dan tidak boleh dibuka sehingga Anda tidak mengerti jalan cerita atau informasi yang tersampaikan dalam bacaan tersebut.

Keenam adalah pertimbangkan tentang pengarang dan status dari buku tersebut misalnya apakah termasuk bacaan yang best seller atau tidak. Beberapa bacaan yang termasuk best seller tidak hanya disukai oleh pembaca umum namun juga oleh beberapa pengarang kelas atas atau profesional yang ikut untuk menilai dan memberikan pendapat. Pengarang yang biasanya telah memiliki lebih dari 2 bacaan, biasanya akan memiliki fans sendiri dan kecenderungan untuk memilih bacaan yang ditulis atau dikarang. Pembaca juga tidak akan segan untuk memilih karena pada umumnya, pembaca tersebut telah mengetahui ciri atau gaya bahasa dari penulis tersebut.

Demikianlah tips bagaimana cara memilih buku yang baik dan berkualitas untuk belajar. Semoga bermanfaat untuk anda dan untuk para pemburu buku terbaik yang ada di toko buku dan tempat jualan buku bekas.

No comments:

Post a Comment

Back to Top